Kamis, 22 Desember 2016

TANGGUNG JAWAB SAYA SEBAGAI MAKHLUK ALLAH SWT DILIHAT DARI PANDANGAN HIDUP SAYA

TANGGUNG JAWAB SAYA SEBAGAI MAKHLUK ALLAH SWT
DILIHAT DARI PANDANGAN HIDUP SAYA


Apa yang dimaksud dengan tanggung jawab?

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja.

Lalu apa saja tanggung jawab saya sebagai makhluk ciptaan ALLAH SWT dilihat dari pandangan hidup saya?
            Setiap manusia dimuka bumi ini pasti memiliki pandangan hidup sebagai acuan agar menjadi pribadi yang lebih baik, saya sebagai makhluk ciptaan ALLAH SWT tentu mempunyai pandangan hidup juga. Menurut saya, jika kita ingin menentukan pandangan hidup, kita harus bisa mengenal karakter pribadi diri kita sendiri dan barulah nantinya kita dapat menentukan arah masa depan kita dengan berpegangan pada pandangan hidup kita. Saya bisa dibilang anak yang sangat tidak mau tersaingi dan saya juga sangat tertutup atau bisa dibilang saya tidak akan menceritakan hal-hal pribadi saya yang mungkin menurut  saya tidak penting untuk diceritakan. Selain itu saya adalah anak yang mudah sekali merasa iba bila melihat orang lain susah, dari sinilah mulai beberapa pandangan hidup saya. Saya berfikir “kenapa kita harus bercita-cita menjadi manager atau pangkat tertinggi lainnya sedangkan sebenarnya kita juga masih menjadi bawahan? Kenapa tidak kita yang menyediakan lapangan kerja bagi orang banyak? Bukankah lebih baik seperti itu?”. Dalam mewujudkan semua pandangan hidup saya tentunya harus dibarengi dengan tanggung jawab saya kepada ALLAH SWT. Sebagai makhluk ciptaan ALLAH SWT saya memiliki tanggung jawab diantaranya menjauhi semua larangannya dan menaati setiap perintahnya. ALLAH SWT sangat melarang umatnya memperoleh pangkat dari hasil yang tidak halal, selain itu ALLAH SWT memerintah agar kita dapat membantu sesama manusia karna disetiap rezeki yang kita dapat terselip rezeki bagi mereka yang membutuhkan. Tanggung jawab saya adalah menjalankan semua perintah itu. Maka dari situlah saya berfikir untuk membuka usaha kedepannya yang nantinya akan bermanfaat bagi orang banyak. Selain dapat bermanfaat bagi banyak orang saya juga dapat melaksanakan tanggung jawab saya kepada ALLAH SWT. Insyaallah ….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar