Kamis, 20 Oktober 2016

Jenis-Jenis dan Cara Kerja dari Alat Input


1. KEYBOARD

Pada bawah keyboard terdapat sebuah rangkaian listrik yang disebut key matrix. Rangkain ini terputus-putus di setiap bawah tombol. Penekanan pada suatu tombol keyboard menyebabkan rangkain tersebut menjadi terhubung dan menjadi aliran listrik yang dibantu oleh komputer. Keyboard seperti layaknya komputer. Keyboard juga memiliki processor sendiri. Kemudian processor tersebut mencocokan lokasi koordinat x,y tombol yang ditekan pada peta karakter yang tersimpan pada ROM. Dengan demikian processor akan mengetahui setiap karakter yang ditekan oleh pemakai.
Jenis-jenisnya : Keyboard Qwerty, Keyboard Numeric dan masih banyak lagi.

2. MOUSE

Mouse merupakan salah satu perangkat yang berfungsi sebagai penunjuk pada komputer. Mouse dapat digerakan kearah mana saja berdasarkan arah yang kita mau. Pada bagian bawah mouse terdapat 2 pengendali gerak yang dapat bebas bergerak ke arah mana saja. Mouse memiliki 2 tombol pada bagian atas kanan dan kiri. 
Jenis-jenisnya : Mouse Serial, Mouse Wirelless dan masih banyak lagi.

3. TRACKBALL

Prinsip pada trackball hampir mirip dengan mouse. Jika pada mouse, untuk menggerakkannya kita harus menggerakan seluruh badan dari mouse tersebut. Sedangkan jika trackball kita cukup menggerakkan bola yang ada pada sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Cara kerja trackball juga tidak jauh beda dengan mouse.
Jenis-jenisnya : SlimBlade Tarckball, Expert Mouse Trackball dan masih banyak lagi.

4. SCANNER

Scanner merupakan alat yang memiliki fungsi hampir sama dengan mesin fotokopi. Namun, hasil dari scanner kita melihatnya pada layar komputer setelah itu kita dapat memodifikasinya dan menyimpannya menjadi file atau image. 
Jenis-jenisnya : Scanner Flad Bed, Scanner Utomatic Document Feeder dan masih banyak lagi.

5. JOYSTICK

Joystick hanya digunakan pada program game saja. Cara kerjanya juga tidak jauh beda seperti mouse dan Trackball. 
Jenis-jenisnya : Logitech, Logitech Racing Wheel dan masih banyak lagi.

6. PEN DAN GRAFIK

Fungsi pen adalah untuk membuat grafik dan gambar dalam perancangan dengan bantuan komputer CAD ( computer aided design). Sedangkan fungsi grafik adalah untuk membantu teknologi CAD dalam membuat rancangan banguna, rumah, mesin mobil, dan pesawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar