Selasa, 30 Oktober 2018

Tugas Penulisan Ekonomi Koperasi Minggu 4


TUGAS PENULISAN EKONOMI KOPERASI
BENTUK ORGANISASI, HIRARKI, DAN POLA MANAJEMEN KOPERASI
MINGGU 4
NAMA            : HILDA FEBRIANTI
KELAS           : 3EA27
NPM               : 13216308

BENTUK ORGANISASI MENURUT HANEL DAN ROPKE
A.    Bentuk organisasi koperasi menurut Hanel
Merupakan bentuk koperasi / organisasi yang tanpa memperhatikan bentuk hukum dan dapat didefiniskan dengan pengertian hukum.
B.     Bentuk organisasi koperasi menurut Ropke
Koperasi merupakan bentuk organisasi bisnis yang para anggotanya adalah juga pelanggar utama dari perusahaan tersebut.
HIRARKI DAN TANGGUNG JAWAB
§  pengurus koperasi bertugas mengelola koperasi dan usahanya dan berwenang mewakili koperasi di dalam dan di luar pengadilan.
§  Pengelola adalah Karyawan / Pegawai yang diberikan kuasa & wewenang oleh pengurus untuk mengembangkan usaha dengan efisien & professional.
§  Pengawas adalah Perangkat organisasi yang dipilih dari anggota dan diberi mandat untuk melakukan pengawasan terhadap jalannya organisasi & usaha koperasi.
POLA MANAJEMEN KOPERASI DI INDONESIA
Terdapat pembagian tugas (job description)pada masing-masing unsure. Demikian pula setiap unsur manajemen mempunyai lingkup keputusan (decision area) yang berbeda, kendatipun masih ada lingkup keputusan yang dilakukan secara bersama (shared decision areas). Bagaimanapun Pengurus harus faham tentang sistem yang diterapkan, tahu tentang potensi dan kendala yang dihadapi koperasinya. Dengan demikian setiap usulan yang disampaikan bisa cepat dianalisa berdasarkan potensi dan kendala yang ada. Sehingga alasan yang disampaikan pada anggota adalah logis. Dan pada akhirnya keputusan yang diambil bukan menjadi pemberat tapi menjadi pendorong bagi koperasi untuk bisa terus berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar